6.21.2008

LOMO







Dian Sastro with her LOMO..
taken from dian sastro's blog

watu itu pas saya lagi blogwalking tiba2 saya mikir "ngomong2 dian sastro punya blog ga ya?" ahirnya saya klik google deh to find out, eh ada.. trus saya keasyikan banget baca blog nya dia karna isinya emang informatif dan menarik ga kaya punya saya isinya curhatan diary semua ga penting pula...

trus saya nemuain post yg isinya tentang dia baru beli kamera jadul namanya LOMO..

hah? apaan tuh saya baru denger.. trus hasil fotonya dian dengan kamera itu aneh bgt gelap2 gitu tapi ko unik... karna penasaran ahirnya saya kembali merangkul google untuk mencari tahu dan juga men-sms dua orang teman yg hobi potrat potret,,ternyata...

LOMO atau Lomography adalah sebuah trademark dari produk Lomographische AG asal Austria. Nama ini dilisensikan dari perusahaan LOMO PLC di St. Petersburg, Russia.

yang menarik dari akamera ini adalah lubang jarumnya yang menjadikan kamera ini disebut pin hole camera.. lubang jarum yaitu di kamera itu katanya ada sebuah lubang kecil tempat masuknya cahaya, yang menjadikan hasil foto dari kamera itu cacat..

weeiit tunggu dulu, cacat bukan sembarang cacat, justru cacat foto itu yang menjadikannya unik..hasil2 fotonya aneh2..bisa ada item2 di pinggirnya, trus jadi ada dua efek foto.. (entahlah apa namanya saya mah ga ngarti per-fotography-an) trus bisa juga dalam satu foto bisa jadi empat gambar ato bahkan lebih...seru kan?we'll never know... trus ada juga kamera fisheye dimana hasil fotonya jadi bulet2 gitu...











Nah, ngomongin fisheye saya jadi keingetan di FS banyaak banget orang yg primary pic-nya fotonya juga bulet2 gitu...dulu kan saya ga ngerti tuh...kirain itu hasil editan pada photoshop ato sejenisnya..tapi ko banyak banget ya yg fotonya gitu? emang pada punya kamera lomo apa? kan jarang banget kamera itu.. saya jadi aneh sendiri...

ahirnya malam2 sekal tgl 17 saya meng-sms 2 orang teman saya si Oki dan si Ogebh, eh ternyata kata mereka fisheye bisa pake LOMO bisa juga pake SLR dengan lensa fisheye tersendiri...tapi kebanyakan pd pake lomo karna murah...
hmm..gitu tho... mengenai pertanyaan banyak bgt yg fotonya pake fisheye Oki menanggapi..

"ya sekarang sedang musim pisan kayanya lolomoan,semacam keganasan peliknya kehidupan urban ;D" gitu kata dia..

saya jadi tertarik niyh ma kamera itu, soalnya murah...tapi malay deng ah abis masih pake roll secara saya orangnya pelit..malash membeli rol dan malash mencetaknya...kalo pake digicam kan bisa langsung ditransfer ke kompie...hahahaha dasar gamau rugi!
karna kita ga bisa liat hasil fotonya kaya kamera digi dan juga hasil fotonya bakalan surprising, maka Lomography punya konsep "don't think, just shoot" yang penting adalah moment, warna, bentuk, dan gambar itu sendiri... katanya siy gitu..

ni cuma 2 macem dari sekian banyak jenis kamera lomo...



1 comment:

(un)Brave Girl said...

lomo asiik abbis tau, teh.
hehe
aku ampe punya 4, ketagihan dan penasaran.
akhirnya jualin juga, krna lagi in abis katanya
hehe
ayo dong teh, main lomo juga.
hehehe